ICE CREAM : Interprofessional Collaboration to Eradicate Malnutrition – Perayaan Hari Gizi Nasional – Hari Anak Nasional – Hari Kolaborasi Kesehatan Nasional 2021

ICE CREAM : Interprofessional Collaboration to Eradicate Malnutrition – Perayaan Hari Gizi Nasional – Hari Anak Nasional – Hari Kolaborasi Kesehatan Nasional 2021

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional – Hari Gizi Nasional – Hari Kolaborasi Kesehatan Nasional 2021, CIMSA USU melakukan project Trans-SCO pertama oleh SCOPH dan SCOME CIMSA USU. HAN-HGN-HKKN 2021 oleh CIMSA USU disusun dalam rangkaian kegiatan ICE CREAM: Interprofessional Collaboration to Eradicate Malnutrition. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 3 sampai 7 Maret 2021 dengan durasi selama 5 hari.

Rangkaian kegiatan ini diawali dengan air campaign dengan mem-posting twibbon dan infografik serta kuis mitos / fakta yang dilakukan di Instagram selama 3 hari. Puncak kegiatan ICE CREAM dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2021, diadakan juga webinar dengan 2 topik utama, yang pertama tentang “Child Malnutrition” dengan Prof.Dr.dr.Dina Keumala Sari, M.Gizi, Sp.GK sebagai pemateri yang juga merupakan dosen Fakultas Kedokteran USU departemen Gizi. Topik kedua adalah mengenai “Health Collaboration : IPE & IPC to Eradicate Malnutrition” dengan narasumber kak Fitri Arkham Fauziah selaku perwakilan dari ALURA (Alumni Pencerah Nusantara). Rangkaian kegiatan ini ditutup dengan perilisan podcast di Spotify CIMSA USU pada tanggal 7 Maret 2021 yang mengundang pembicara dari ISMKMI (Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia) dan Hima Gizi Poltekkes Medan dengan topik “Peran Mahasiswa Kesehatan dalam Penanganan Stunting di Indonesia”.

Rangkaian kegiatan ICE CREAM bertujuan untuk mengedukasi serta meningkatkan kesadaran masyarakat umum khususnya mahasiswa rumpun kesehatan dan tenaga kesehatan, tentang masalah gizi buruk pada anak Indonesia dan bagaimana penerapan IPE & IPC dapat membantu mengurangi gizi buruk di Indonesia.

Webinar ICE CREAM membuka pendaftaran bagi masyarakat umum khususnya mahasiswa rumpun kesehatan dan tenaga kesehatan dengan jumlah pendaftar sebanyak 246 orang. Dengan 162 peserta yang menghadiri webinar tersebut. Peserta webinar berasal dari berbagai latar belakang mulai dari mahasiswa hingga beberapa profesi kesehatan seperti bidan, dokter dan apoteker. 

Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kondisi gizi buruk pada anak Indonesia dan mulai peduli akan hal tersebut, serta lebih mengenal IPE (Interprofessional Education), IPC (Interprofessional Collaboration) dan mengetahui implementasinya untuk pemberantasan gizi buruk di Indonesia, semoga ICE CREAM dapat membawa banyak manfaat bagi banyak orang.

Leave a Reply