BAYMAX : BRING ALL YOUR MENTAL HEALTH EXPERIENCE – Perayaan World Mental Health Day 2020

BAYMAX : BRING ALL YOUR MENTAL HEALTH EXPERIENCE – Perayaan World Mental Health Day 2020

BY Benny Hosiana Putra

Pada tanggal 3 Oktober 2020, SCOPH CIMSA USU telah melaksanakan acara tahunan untuk memperingati “World Mental Health Day” dengan tema “BAYMAX : Bring All Your Mental Health Experience”. Adapun rangkaian acara yang diselenggarakan adalah Podcast Release, Online Campaign dan Webinar. Pada project ini, kami membahas beberapa topik, yaitu How Mental Health Affect Physical Health and Maintaing Healthy Relationship for Healthy Mental.

Campaign pertama yang dilakukan adalah podcast release yang diunggah ke Spotify CIMSA USU. Kami mengadakan talkshow bersama Benny Hosiana Putra selaku Project Officer BAYMAX dan bersama pembicara dari Departemen Psikiatri Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara. Kami membahas topik dari acara BAYMAX, yaitu How Mental Health Affect Physical Health. Podcast ini release pada tanggal 27 September 2020. Kemudian campaign kedua yaitu online campaign di Instagram, termasuk twibbon dan infografik.  Campaign kedua ini dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober 2020.

Di hari ketiga campaign, tanggal 3 Oktober  2020, kami mengadakan webinar dengan platform Zoom Meeting dan mengajak mahasiswa di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi dalam webinar ini. Acara webinar dimulai pukul 9.00 WIB dengan pembukaan dan sedikit perkenalan mengenai CIMSA. Kami memulai webinar dengan presentasi yang dibawakan oleh Dr. dr. Mustafa Mahmud Amin, M.Ked., M.Sc, Sp.KJ (K.) dari Departemen Psikiatri Universitas Sumatera Utara dengan membawakan topik How Mental Health Affect Physical Health. Presentasi kedua dibawakan oleh pembicara dari Into The Light Indonesia, yaitu Annisa Mega Radyani, S.Psi. dengan topik Maintaing Healthy Relationship for Healthy Mental. Oleh karena topik yang menarik dan sangat berhubungan dengan keadaan sosial banyak orang, para partisipan pun menjadi sangat antusias dan aktif bertanya di sesi tanya jawab.

Setelah seluruh presentasi selesai dilaksanakan, kami masuk ke agenda berikutnya yaitu Sesi Konsultasi dengan Para Psikolog yang berasal dari HIMPSI Sumut, Radian, dan Welas Asih. 60 peserta pendaftar pertama yang bersedia mengikuti konsultasi dibagi ke dalam 10 kelompok berdasarkan permasalahan peserta yang saling berhubungan oleh HIMPSI.

Untuk menutup rangkaian acara webinar, kami foto bersama untuk dokumentasi dan para partisipan menyampaikan kesan dan pesan terhadap acara BAYMAX tahun ini.

Secara singkat, acara ini terlaksana dengan baik walaupun mengalami sedikit kendala karena harus dilaksanakan secara online. Walaupun demikian, para partisipan tetap dapat berpartisipasi aktif dan para pembicara juga dapat mengedukasi seluruh partisipan dengan sangat baik.

Leave a Reply