HOME : Heal Our Mother Earth – Earth Day 2021

HOME : Heal Our Mother Earth – Earth Day 2021

HOME : Heal Our Mother Earth

Earth Day adalah acara tahunan yang diperingati pada tanggal 22 April dalam rangka meningkatkan kesadaran bagi perlindungan lingkungan dan apresiasi terhadap bumi yang kita tinggali saat ini. Pada tahun ini, SCORP-CIMSA mengangkat tema “Foodprint” dan “Sustainable Green Movement” sebagai sebuah langkah penanganan perubahan iklim untuk menyelamatkan bumi. 

Tahun ini SCORP-CIMSA USU merancang serangkaian acara dalam rangka merayakan Hari Bumi 2021 bertemakan “Foodprint” dengan tujuan mengedukasi dampak perubahan iklim gas rumah kaca oleh jejak karbon makanan yang masih asing di telinga masyarakat. Selain itu, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dan apresiasi terhadap bumi sebagai tempat tinggal kita. 

Sebelum dilaksanakannya kegiatan HOME (Heal Our Mother Earth), Organizing Committee (OC) diberikan training bertemakan “Pelestarian Lingkungan” oleh Human Rights Trainer CIMSA USU, Patrick Limbardon dan “Foodprint” oleh Human Rights Education Facilitator CIMSA USU, Azzahra Wiana Kartika Siregar. Training ini dilakukan untuk mempersiapkan OC dalam mengedukasi peserta yang berpartisipasi dalam HOME.

Rangkaian kegiatan HOME diawali dengan 5 Days Challenge, CHEESE (Challenges to Save the Earth), yang merupakan serangkaian tantangan diikuti oleh para volunteers selama 5 hari berturut-turut dari tanggal 26 sampai dengan 30 April 2021. Para volunteers diedukasikan tentang pelestarian lingkungan, penyebaran sampah plastik, polusi udara, jejak karbon makanan, dan usaha menyelamatkan bumi lainnya. Dalam challenge ini, volunteersdiberikan training yang mengusung topik “Foodprint and Food Security” bersama National Officer on Human Rights and Peace 2020/2021, Syaogi Ahmed Azizy.  

Selanjutnya, kegiatan HOME ini dilanjutkan dengan Air Campaign dengan merilis (1) Podcast bertema “Pelestarian Lingkungan dan Foodprint” pada tanggal 27 April 2021, (2) video edukasi pertama yang berkolaborasi dengan Komunitas Surplus pada tanggal 27 April 2021, dan (3) video edukasi kedua yang berkolaborasi dengan Zero Waste Indonesia pada tanggal 1 Mei 2021. 

Puncak dari kegiatan HOME ini merupakan sosialisasi secara hybrid ke Panti Asuhan Putri Aisyiyah yang dilaksanakan pada tanggal 1 Mei 2021. Adapun rangkaian acaranya yaitu, training bertemakan “Pelestarian Lingkungan” bersama dengan Human Rights Trainer CIMSA USU, Ruth Theresia Sibarani, diikuti dengan lomba cerdas cermat, dan diakhiri dengan pemberian sumbangan. 

Rangkaian acara ini kami susun dengan misi untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan kita agar kedepannya bumi dapat dijadikan tempat yang lebih baik untuk generasi ke depan.

Leave a Reply