GRWM : GET READY WITH SCOME 2020

GRWM : GET READY WITH SCOME 2020

Halo CIMSA!

Pada 19 September 2020, observer SCOME CIMSA USU mengadakan proyek Get Ready With scoME atau disingkat GRWM. GRWM adalah one day event yang menargetkan mahasiswa baru Fakultas Kedokteran USU. Kami mencoba untuk memberikan kesempatan lebih kepada mahasiswa baru untuk mengetahui lebih banyak mengenai sistem kuliah di FK USU, sistem kuis, serta banding buku. Bukan hanya itu, kami juga menambahkan sesi talkshow dan juga simulasi tutorial. Berhubungan dengan kondisi pandemi COVID-19, GRWM diadakan secara online menggunakan aplikasi Zoom. Walau ada keterbatasan untuk melakukan acara langsung secara tatap muka namun tentu hal ini tidak mengurangi esensialitas dan tujuan dari proyek GRWM ini.

GRWM mengundang 11 pembicara dan 13 fasilitator untuk keseluruhan sesi acara. GRWM dimulai pukul 10 pagi dan diikuti oleh 129 peserta yang merupakan mahasiswa/i baru FK USU. Tentu tidak lupa, perkenalan CIMSA juga dimasukkan kedalam rangkaian acara. Perkenalan CIMSA dipresentasikan oleh Local Coordinator CIMSA USU, Diqa Aridani Khoiri.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan perkenalan sistem kuliah yang dibawakan oleh 2 pembicara, Supervising Council CIMSA USU 2018/2019, Shafira Khairuna and Samuel Sembiring. Pada sesi perkenalan kuliah ini akan dibahas lebih detail lagi mengenai sistem kuliah, sistem praktikum, sistem skill lab, kelas tutorial, sistem ujian maupun sistem blok. Untuk informasi tambahan juga dipaparkan kepada peserta tahapan dan proses menjadi dokter juga promosi USU serta RS USU.

Topik selanjutnya mengenai salah satu hal paling penting di fakultas kedokteran yaitu sistem kuis. Sesi sistem kuis dibawakan oleh Research Supporting Division Team CIMSA USU 2018/2019, Hanna Yolanda. Dalam sesi ini membahas metode kuis, kriteria kelulusan kuis, dan juga tips lulus kuis. Kami menambahkan topik ini kedalam rangkaian acara karena pastinya kuis merupakan hal yang butuh perhatian lebih dalam proses belajar di sekolah kedokteran.

Kemudian topik yang dibahas selanjutnya adalah banding buku, yang dibawakan oleh Supervising Council CIMSA USU 2018/2019, Stella Junita. Kita sebagai mahasiswa/i kedokteran pastinya tahu betapa pentingnya buku teks kedokteran. Kita juga membutuhkan perbandingan antara buku satu dan lainnya, seperti contohnya perbandingan antara atlas anatomi Sobotta dengan atlas anatomi Netter. Karena jelas akan sangat baik jika kita bisa mengetahui kelebihan den kekurangan buku-buku kedokteran hingga kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan kita. Itu sebabnya mengapa kami menambahkan topik banding buku ini ke dalam rangkaian acara, yang pastinya bertujuan untuk membantu mahasiswa/i baru dalam memilih buku terbaik sesuai dengan kebutuhan mereka. Pembicara membawakan perbanding buku anatomi, histologi, fisiologi, parasitologi, farmakologi, biokimia, mikrobiologi, dan buku tambahan lainnya.

Setelah perkenalan CIMSA, sistem kuliah, sitem kuis, dan juga banding buku, acara dilanjutkan dengan talkshow. Kami membagi talkshow menjadi 3 jenis, yaitu talkshow mahasiswa berprestasi, talkshow about CIMSA, dan talkshow exchange CIMSA. Pembicara talkshow mahasiswa berprestasi adalah Debora Natalia. Talkshow about CIMSA dibawakan oleh dr. Nadia Iftari Darwizar dan dr. Andiyani Larasasri sebagai alumni CIMSA, dan Human Resources and Development Coordinator CIMSA USU 2018/2019, Ruth Siagian. Sedangkan untuk pembicara talkshow exchange dibawakan oleh Summer School Ghent 2019 participant, Sanian Inama, dan juga IFMSA Research Exchange Participant Tunisia, Celine Augla D’Prinzessin. Jelas bahwa semua sesi talkshow ini sangat menginspirasi para pendengar.

Karena GRWM bertujuan untuk mengedukasi dan memberikan informasi lebih kepada mahasiswa baru, maka dalam rangka melengkapi prosesnya kami mengadakan simulasi tutorial. Kelas tutorial merupakan kelas diskusi yang harus diikuti oleh mahasiswa/i kedokteran. Kami membagi peserta ke dalam grup-grup kecil dengan pembagian 1 grup terdiri dari 1 fasilitator dan 10 peserta. Di sini fasilitator akan bertindak sebagai dosen yang mengarahkan jalannya tutorial dan peserta akan bertindak sebagai mahasiswa. Kami mengundang 13 fasilitator untuk mendukung jalannya sesi simulasi tutorial ini. Ada dari Supervising Council CIMSA USU 2019/2020 Adrian Joshua Velaro, Sanian Inama, Shania Sondang, dan Christine Natasya; Local Coordinator CIMSA USU 2018/2019, Oriza Olanda; Treasurer CIMSA USU 2018/2019, Helena Keicya F Pasaribu; Fundraising and Merchandising Coordinator CIMSA USU 2018/2019, William Wira Wicaksana Tarigan; Research Supporting Division Team CIMSA USU 2018/2019 Damai Setiawan dan Hanna Yolanda serta senior CIMSA lain yang turut berpartisipasi, Nakia Kalioriza Gurky, Celine Augla D’Prinzessin, Priscilla Wimerta dan Local Officer on Medical Education CIMSA USU observer, Adilla Fiqria.

Simulasi tutorial difokuskan kepada hal apa saja yang harus kita lakukan selama kelas tutorial seperti identifikasi masalah, hipotesis, analisis masalah, dan membuat learning issues. Kami membawa manifestasi klinis COVID-19 ke dalam kasus tutorial agar peserta lebih mudah untuk menyelesaikan kasus dengan pengetahuan mereka terhadap isu COVID-19 di masa pandemi ini. Karena acara diadakan secara online maka dokumentasi dilakukan melalui tangkapan layar dan rekaman layar. Acara diakhiri dengan promosi pembukaan pendaftaraan anggota baru CIMSA dan foto bersama.

Leave a Reply