SEBAT: Save Your Breath From Today – Perayaan World No Tobacco Day 2020

SEBAT: Save Your Breath From Today – Perayaan World No Tobacco Day 2020

Pada tanggal 30 Mei 2020, SCOPH CIMSA USU telah melaksanakan acara tahunan untuk memperingati  “World No Tobacco Day” dengan tema “SEBAT : Save Your Breath From Today”. Adapun rangkaian acara yang diselenggarakan adalah podcast release dan webinar. Pada project ini, kami membahas beberapa topik, yaitu Psychology of Smokers and How to Quit, dan How Smoking Ruins Our Body and Risk of COVID-19 on Smokers.

Campaign pertama yang dilakukan adalah podcast release yang diupload di spotify CIMSA USU. Kami mengadakan talkshow bersama Anastasya Valentine selaku Project Officer SEBAT dan bersama pembicara dari Quit Tobacco Indonesia. Kami membahas topik dari acara SEBAT, yaitu How Smoking Ruins Our Body and Risk of COVID-19 on Smokers. Podcast ini direlease pada tanggal 30 Mei 2020 bersamaan dengan online campaign di Instagram, termasuk twibbon dan infografik. 

Di hari kedua campaign, tanggal 31 Mei 2020, tepat dihari peringatan World No Tobacco Day, kami mengadakan webinar. Kami menggunakan platform Google Meet dan mengajak siswa SMA dari Medan dan Jakarta untuk berpartisipasi dalam webinar ini. Acara webinar dimulai pukul 09.00 dengan pembukaan dan sedikit perkenalan mengenai CIMSA. Kami memulai webinar dengan presentasi yang dibawakan oleh Dr.dr. Elmeida Effendy M.Ked.,Sp.KJ(K) dari Departemen Psikiatri Universitas Sumatera Utara dengan membawakan topik Psychology of Smokers and How to Quit. Para partisipan yang merupakan siswa SMA sangat antusias dan bersemangat dalam sesi tanya jawab.

Presentasi kedua dibawakan oleh pembicara dari Quit Tobacco Indonesia, yaitu Prof. Dra. RA Yayi Suryo Prabandari,M.Si.,Ph.D dengan topik How Smoking Ruins Our Body and Risk of COVID-19 on Smokers. Oleh karena topik yang menarik dan sedang marak dibicarakan, para partisipan menunjukan antusiasme dengan bertanya di sesi tanya jawab.

Setelah seluruh presentasi selesai dilaksanakan, kami masuk ke agenda berikutnya yaitu Small Working Group. Para partisipan diberikan suatu kasus yang berhubungan dengan presentasi yang telah diberikan kemudian membahasnya bersama Local Officials sebagai PIC.

Saat presentasi hasil Small Working Group yang berupa roleplay, para partisipan menyampaikan pengetahuannya berkenaan dengan kasus yang diberikan beserta penyelesaiannya  sesuai dengan materi yang telah diperoleh tentang rokok. Mereka menampilkan hasil diskusi dengan sangat kreatif dan kasual. Penampilan mereka dinilai oleh salah satu trainer dari CIMSA USU, kemudian dipilih yang terbaik sebagai pemenang dan tentunya mendapatkan hadiah dari OC.

Untuk menutup rangkaian acara webinar, kami foto bersama untuk dokumentasi dan para partisipan menyampaikan kesan dan pesan terhadap acara SEBAT tahun ini.

Secara singkat, acara ini terlaksana dengan baik walaupun mengalami sedikit kendala karena harus dilaksanakan secara online. Walaupun demikian, para partisipan tetap dapat berpartisipasi aktif dan para pembicara juga dapat mengedukasi seluruh partisipan dengan sangat baik.

Leave a Reply