JAMES BOND 101: Join Us Learning, Skilling and Bonding SCOPH 101

JAMES BOND 101: Join Us Learning, Skilling and Bonding SCOPH 101

Pada tanggal 17 Mei 2020 SCOPH CIMSA USU telah melaksanakan training dengan tema James Bond 101 dengan kepanjangan Join Us Learning and Bonding SCOPH 101.

James Bond 101  merupakan training yang ditujukan untuk newbie batch 19 dan juga untuk member batch 18 yang belum ditraining. Training ini diharapkan dapat memberikan skill dan pengetahuan kepada member mengenai SCOPH dan public health yang akan diaplikasian pada kehidupan sehari-hari sebagai mahasiswa kedokteran dan juga akan diaplikasikan pada saat melakukan project SCOPH.

James Bond 101 ini diisi dengan 2 training yaitu training SCOPH 101 yang dibawakan oleh PHL dari UNEJ yaitu Valentinus Dave Sugiharto. Lalu yang kedua adalah training Basic Public Health yang dibawakan oleh PHL dari UGM Yaitu Hasna Fikriya

Training SCOPH 101 menjelaskan tentang SCOPH. Visi SCOPH adalah sebagai pusat aktivitas berbasis kesehatan masyarakat yang diwujudkan melalui peningkatan kapasitas dan pemberdayaan mahasiswa kedokteran demi menciptakan masyarakat yang mandiri dan meningkatkan kualitas kesehatan di Indonesia. Misi SCOPH terbagi menjadi 3 yaitu Kaderisasi, Community Development dan Advokasi. Susunan officials di SCOPH nasional disebut NPC yaitu National Public Health Committee. Berbagai macam aktivitas dan kegiatan yang termasuk ke ranah kerja SCOPH seperti World No Tobacco Day, World Diabetes Day, World Mental Health Day dan lainnya.

Berbeda dari training sebelumnya, training Basic Public Health menjelaskan tentang public health yang berarti seni dan ilmu mencegah penyakit, memperpanjang hidup dan meningkatkan kesehatan melalui upaya terorganisir dari masyarakat. Tidak lupa dijelaskan juga mengenai activity management serta public speaking, yang merupakan unsur penting dalam melakukan kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat. Pada training ini juga dijelaskan mengenai communicable disease atau penyakit menular dan non-communicable disease atau penyakit tidak menular.

Diharapkan pada training ini, member dapat mengambil ilmunya dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan juga pada kegiatan-kegiatan serta project yang dilaksakan bersama SCOPH.

Leave a Reply