DONUTS: Diabetes Prevention with Healthful Habits – Perayaan Hari Kesehatan Nasional – World Diabetes Day 2020

DONUTS: Diabetes Prevention with Healthful Habits – Perayaan Hari Kesehatan Nasional – World Diabetes Day 2020

Halo, CIMSA!

Hari Kesehatan Nasional merupakan sebuah bentuk perayaan atau kegiatan yang diusung oleh kementrian kesehatan untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Indonesia. Hari Kesehatan Nasional ini dirayakan tiap tahunnya yaitu pada tanggal 12 November. Tahun ini merupakan tahun ke 56 perayaan hari kesehatan nasional. Sedangkan, Hari Diabetes Sedunia merupakan hari perayaan diabetes sedunia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap diabetes. Hari Diabetes Sedunia dirayakan untuk meluruskan dan lebih memberikan pengetahuan yang benar terhadap penyakit diabetes.

Untuk merayakan Hari Kesehatan Nasional dan Hari Diabetes Sedunia, SCOPH-CIMSA USU mengadakan sebuah projek yang bernama DONUTS: Diabetes Prevention with Healthful Habits. Berbeda dengan tahun sebelumnya dimana CIMSA USU langsung ke daerah yang memiliki prevalensi penyakit diabetes mellitus tertinggi di Kota Medan yaitu Helvetia, tahun ini kami memutuskan untuk mengadakan webinar atau seminar online. Webinar ini dilaksanakan pada tanggal 5 Desember 2020 dengan target pelajar di Indonesia secara umum dan dilaksanakan melalui platform Zoom.

Kami membahas beberapa topik menarik dalam webinar ini, seperti Diabetes pada Dewasa Muda dan hubungan antara COVID-19 dan diabetes. Kami memilih topik ini karena beberapa alasan. Topik pertama, Diabetes pada Dewasa Muda yang dibawakan oleh dr. Lita Septina Chaniago, Sp.PD-KEMD membahas bagaimana diabetes tidak hanya menyerang lansia, tetapi juga pada dewasa muda. Kami memilih topik kedua, Diabetes dan COVID-19, karena relevan dengan situasi saat ini di seluruh dunia. Topik ini memberikan informasi tentang cara meningkatkan kekebalan kita untuk melawan COVID-19. Topik ini dibawakan oleh dr. Fitriyani Nasution, M. Gizi, Sp. GK.

Selain dengan pembawaan materi oleh para narasumber, tiap sesi diakhiri dengan sesi tanya jawab. Sesi tanya jawab ini dapat terlihat betapa aktif dan tertariknya para peserta yang ditandai dengan banyaknya jumlah pertanyaan. Kehadiran para narasumber memungkinkan para peserta untuk dapat bertanya dan mendapatkan jawaban yang pasti dari sumber terpercaya. Kami juga menyelangi kedua topik dengan kegiatan senam bersama yaitu yang telah dibuat oleh panitia. Peserta dapat mengikuti senam dari rumah masing-masing yang dapat menghilangkan rasa bosan sekaligus memberikan manfaat kebugaran.

Selain dari webinar, kami juga mengadakan rangkaian kegiatan lainnya, yaitu kuis mitos atau fakta diabetes, dan video edukasi yang telah dibuat untuk menyingkirkan stigma masyarakat yang salah tentang diabetes.

Dengan rangkaian acara yang telah kami buat, diharapkan dapat mengedukasi dan meluruskan pandangan yang salah tentang penyakit diabetes mellitus.

Leave a Reply